1 Sep 2012

Gimana Bisa membuat sabun cair dan sabun batangan

Rock It!

Dengan melakukan hal yang sederhana dan mudah kita dapat merubah sabun batang menjadi sabun cair. Degan melakukan hal ini tentu saja kita mendapatkan 2 keuntungan yaitu gabungan dari kemudahan sabun batang dan sabun cair. Dengan membeli sabun batang kita lebih mudah dalam penyimpanan dan mudah dibawa karena bentuknya yang padat, hemat tempat dan tidak perlu takut tumpah. Di sisi lain sabun cair lebih mudah digunakan dan tentu saja dapat menjaga higiene dari sabun itu sendiri.

Langkah 1 : Bahan-bahan yang diperlukan


Langkah 2: Timbang





Sebelum menimbang kita harus mengalibrasi terlebih dahulu timbangan yang akan kita pakai baik itu timbangan digital maupun manual. Setelah itu kita timbang berat sabun batang yang akan kita ubah menjadi sabun cair. Setelah itu kita letakkan gelas atau wadah air diatas timbangan dan kita kalibrasi lagi sehingga berat wadah air menjadi "0". Kemudian masukkan air sebanyak 2X berat sabun yang digunakan. Lakukan 2 kali karena kita memerlukan 2 gelas air.

Langkah 3: Campurkan





Setelah itu kita parut sabun atau bisa juga kita potong kecil-kecil menggunakan pisau. Setelah itu masukkan hasil parutan sabun tadi ke dalam panci atau gelas tahan panas. Kemudian tambahkan air yang sudah ditimbang tadi.

Langkah 4 : Rebus


Letakkan campuran air dan sabun tadi diatas kompor dan rebus antara 10-15 menit. Dalam proses ini hal penting yang harus digarisbawahi adalah campuran tersebut harus direbus dengan api yang kecil untuk menghindari busanya yang meluber. Selain itu aduk secara berkala aga sabunn dan air tidak terpisah saat sudah dingin.


Langkah 5 : Dinginkan dan Masukkan Ke Wadah



Dinginkan terlebh dahulu hasil rebusan tadi sekitar setengah jam sambil diaduk sekitar 5 menit sekali untuk mencegah terbentuknya gumpalan. Setelah setengah jam, masukkan sabun cair tersebut ke dalam wadah dan siap untuk digunakan.

Langkah 6 : Gunakan


Cukup mudah bukan..
Memang sedikit memakan waktu, tetapi kita tidak harus melakukannya setiap hari kan :)


Lihat Artikel Lain : 

Share this post

4 komentar

  1. Min, setelah sabun padatnya di cairkan.. bisa padat lagi gak tuh?

    BalasHapus
  2. Kalau sabunnya belum habis slma 1 minggu apa tidak meninggalkan bau sabun cairnya

    BalasHapus
  3. Kok sabunnya tetap padat setelah di cairkan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya koq sabunnya padat kembali setelah dicairkan

      Hapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0