14 Sep 2012

Gimana cara membuat ayunan dari ban bekas

Rock It!
Ayunan merupakan salah satu mainan anak tradisional yang cukup digemari. Dan akan lebih menarik lagi jika ayunan tersebut kita buatsendiri menggunakan ban bekas, selain sebagai hiburan bagi anak atau bahkan kita sendiri, kita juga dapat mengurangi pemanasan global dengan mendaur ulang sampah yang dalam hal ini berupa ban bekas.

Langkah 1 : Cari ban yang sudah tidak terpakai dan sesuai dengan kebutuhan
Semakin besar ban makann akan semakin baik dan menarik, tetapi pastikan ban dalam keadaan baik sehingga masih aman digunakan.

Langkah 2 : Bersihkan Ban
Gunakan sabun, sikat dan air untuk membersihkan ban dari kotoran-kotoran yang menempel. Semakin bersih semakin baik :).

Langkah 3 : Cari Pohon yang sesuai
Langkah ini akan mempengaruhi panjang tali yang akan anda gunakan. Ukuran yang ideal adalah dengan tinggi dahan yang digunakan dari tanah 2,7m (9 kaki) dan diameter dahan penahan tali minimal 25cm (10 inch).

Langkah 4 : Beli Tali
Beli tali dengan panjang 16m (50 kaki). Pastikan tali yang digunakan berkualitas baik dan tidak mudah putus saat digunakan.

Langkah 5 :Bor beberapa lubang
Karena kita akan meletakkan ayunan ini diluar, maka kita harus membuat lubang di bagian ban yang akan kita  posisikan dibawah agar tidak ada air hujan yang tertampung.

Langkah 6 :Gunakan Tangga untuk Mencapai dahan
Usahakan anda ditemani seorang teman lain untuk membantu memegangi tangga. Tetapi tahap ini mungkin tidak perlu anda lakukan jika anda bisa memanjat :p

Langkah 7 : Letakkan tali di dahan

Langkah 8 : Gunakan Simpul Mati
Agar ikatan pada dahan lebih aman, gunakan simpul mati. Jika anda tidak bisa untuk membuat simpul ini mintalah bantuan orang lain.

Langkah 9 : Buat simpul yang sama Pada Ban
Agar semua ujung tali lebih aman gunakanlah simpul mati di kudua ujungnya. Dan jangan lupa untuk memposisikan lubang yang tadi kita buat dibagian bawah.

Langkah 10 : Potong Tali yang berlebih
Selain itu ukurlah lagi ketinggian ban dari tanah agar menjadi sekitar 30cm dari tanah agar kaki anda tidak menyandung tanah saat berayun.

Langkah 11 : Atur lagi Tanah dibawah Ayunan
Tambahkan rumput, daun atau jerami di bagian bawahnya tau gemburkan agar tanah menjadi lebih "empuk" saat dilompati atau saat kita terjatuh.

Langkah 12 : Tes ayunannya
Sebelum memperbolehkan orang lain untuk menggunakannya anda, ceklah apakah ayunan sudah kuat dan aman untuk digunakan. Setelah anda yakin anda dapat memamerkan hasil karya anda ini kepada keluarga dan tetangga anda.



Lihat Artikel Lain :

Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0