13 Okt 2012

Gimana Cara Memotong Kuku Kucing

Rock It!
Kucing memang merupakan hewan kesayangan yang paling banyak dipelihara karena tingkah polahnya yang lucu. Selain itu kucing juga sangat senang bermain dan terkadang permainan yang menyenangkan baginya adalah sesuatu yang menyakitkan bagi kita, salah satunya adalah menyakar. Untuk itu kami akan mencoba memberikan tips dan tutorial bagaimana memotong kuku kucing

Langkah 1 : Kondisikan kucing anda

Kebanyakan kucing secara alami memang tidak senang jika ada orang yang memegang bagian pad atau kaki bagian bawahnya. Oleh karena itu anda harus membiasakan memgang kakinya agar dia berpikir bahwa hal ini tidak membahayak dirinya 

Saat kucing anda sedang bersantai cobalah untuk memegang cakarnya. Lakukanlah secara simultan dengan hal-hal yang disukainya seperti dielus bagian atas lehernya atau bagian bawah dagunya. Saat pertama anda memgang cakarnya mungkin dia akan berusaha menariknya atau bahkan pergi, jika hal inni terjadi jangan dipaksa dan lakukan lagi beberapa saat kemudian, karena jika dipaksa dia akan beranggapan bahwa kegiatan tersebut membahayakan.



Pada akhirnya kucing anda akan terbiasa dipegang cakarnya. Kemudian cobalah untuk memijat bagian cakarnya. Caranya adalah dengan meletakkan telapak tangan anda dibawahtelapak kaki kucing anda dan jempol anda berada diatasnya. Setelah itu lakukanlah pijatan dengan pelan dan tentunya berhati-hati.

Saat kucing anda sudah terbiasa dengan semua itu anda dapat memulai untuk menggunting kukunya sendiri. Jika anda masih kesulitan melakukannya sendiri anda bisa meminta bantuan orang laiin untuk membantu. Tetapi akan lebih baik jika anda menghandling sendiri karena anda dapat mengetahui gerakan kucing tersebut sehingga anda tau kapan harus memotong dan kapan harus memperbaiki posisi anda.

Langkah 2 : Inspeksi Kukunya

Sebelum memotong kukunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengeluarkan kukunya. Setelah itu perhatikanlah bagian kukunya. Ada dua bagian yang pertama berwarna bening dan kedua berwarna merah. Yang berwarna bening adalah area yang aman untuk anda potong, sedangkan area merah adalah area yang tidak boleh anda potong karena didalamnya terdapat pembuluh darah.






Langkah 3 : Gunakan Pemotong Khusus untuk Kuku Kucing
Dengan menggunakan Pemotong Khusus untuk Kuku Kucing akan lebih mempermudah anda dalam pemotongan kuku. 
Jika kuku yang akan anda potong berwarna gelap sehingga tidak terlihat bagian merahnya maka anda hanya boleh memotongnya sedikit saja karena ditakutkan ikut terpotongnya pembuluh darah si kucing. Dan pastinya anda juga akan lebih sering melakukan pemotongan kuku karena lebih cepat panjang kembali.















Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0