21 Okt 2012

Gimana cara Meredakan Kram Perut

Rock It!
Mungkin hampir semua orang pernah mengalami yang namanya keram perut. Dan sebagian dari kita mungkin tau bagaimana meredakan rasa sakit tersebut, tetapi sebagian lagi tidak tau dan mungkin hanya diam, berbaring atau tidak melakukan sesuatu sampai sakit itu hilang dengan sendirinya. Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh kram perut.

TENTUKAN TITIK SAKITNYA

Pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan sumber kram perut yang anda rasakan. Dengan melakukan ini anda dapat memutuskan apakah sakit ini dapat anda tangani sendiri atau anda harus ke dokter.

- Kram karena menstruasi tentu saja hanya dialami oleh wanita pada usia menstruasi. Kram ini biasanya    terjadi pada hari-hari pertama menstruasi dan tidak bertahan lebih dari beberapa hari.

- Rasa nyeri lokal yang seperti tertusuk dapat menjadi tanda kondisi yang sangat serius seperti radang usus buntu atau kerusakan organ dalam.

- Rasa nyeri yang menyebar dan sering anda rasakan mungkin mengindikasikan bahwa itu adalah kram perut biasa dan hanya bersifat sementara tetapi mungkin saja tetap membutuhkan obatuntuk meredakannya.

- Nyeri punggung bagian bawah yang bertahan mungkin menjadi indikasi adanya batu ginjal. Segera temui dokter Anda untuk konsultasi meminta nasihat.

- Rasa sakit dan perih saat buang air kecil atau buang air besar dapat menjadi tanda infeksi saluran kemih atau sembelit.

- Kram yang muncul karena anda makan dalam jumlah yang banyak dengan cepat, memakan makanan berminyak, makanan yang membuat Anda alergi, dll, dapat menunjukkan bahwa adanya gangguan sistem pencernaan.

- Kejang otot yang mengakibatkan kram saat anda sedang berolahraga seperti saat berenang.

LANGKAH YANG DAPAT ANDA LAKUKAN

TERAPI PERNAPASAN

1. Aturlah Pernapasan untuk mengalihkan rasa sakitnya dan membantu anda untuk relaks. Metode ini efektif pada kram ringan.

2. Duduklah pada kursi yang nyaman seperti Recliner. Sembari duduk pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan.

3. Atur Napas. Fokuslah untuk mengatur pernapasan dengan melakukan pernapasan yang cepat dan dangkal

4. Lakukan hal diatas hingga rasa sakit berkurang dan semakin membaik, namun jangan melakukannya secara berlebihan.

5. Istirahatlah
Perbanyaklah istirahat.

Makanan dan Minuman

1. Hubungi dokter untuk berkonsultasi.

2. Sangatlah penting untuk tidak terlalu banyak makan dan minnum saat anda kram karena akan memperberat bebap saluran pencernaan anda. Jika anda lapar makanlah makanan yang lembut dan yang agak hambar. Tetapi jika anda mengalami muntah, jangan makan selama kurang lebih 6 jam

3. Hindari minuman berat seperti alkohol, minuman berkafein, dan minuman berkarnbonasi. Tetapi minumlah air putih secukupnya. 

4. Jangan makan makanan padat atau keras selama anda kram dan beberapa jam setelahnya. Kemudian mulailah dengan makanan yang lembut seperti nasi, pisang, roti atau biskuit polos.

PENCEGAHAN

1. Jika anda sering mengalami kram setelah makan, cobalah untuk mengamati makanan apa yang membuat anda kram. Karena mungkin saja kram tersebut diakibatkan intoleransi sistem pencernaan anda terhadap makanan tertentu.

2. Olahraga secara teratur
Lakukanlah pemansan sebelum anda berolahraga.

3. Jagalah tingkat stress anda. Belajarlah untuk memanajemen stress anda.



Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0