10 Mar 2013

Gimana Cara Menggunakan Tampilan Baru Facebook

Rock It!

Walaupun besar kemungkinan Facebook akan membuat banyak perubahan dari versi percobaan News Feed yang baru saja diluncurkan, tapi tidak ada salahnya jika kita belajar lebih awal cara menggunakan tampilan baru ini. Untungnya perubahan desain ini tidak sedrastis pada perubahan sebelumnya, tetapi pada perubahan kali ini menghadirkan beberapa cara baru dalam berinteraksi dengan teman, brand, dan orang-orang yang kamu follow.


Jika kamu belum mendaftar utuk mendapatkan tampilan baru news feed, segeralah mendaftar sebagai waiting list. Facebook mengatakan bahwa peluncuran tampilan baru ini akan dilakukan secara bertahap agar memiliki cukup waktu dalam memperbaiki bug yang ada dan melakukan penyempurnaan lain sebelum benar-benar siap dipakai oleh seluruh pengguna facebook.
Beberapa fitur yang menonjol dari perubahan tampilan news feed sampai saat ini adalah sebagai berikut

Topical feeds
(Credit: Screenshot by Sharon Vaknin)

Pada tampilan sebelumnya, News Feed hanya memungkinkan kamu menavigasi stories/status orang lain dalam dua cara yaitu "most recent / terbaru" dan "top stories / populer". Tapi sekarang ada banyak cara lain untuk meihat status atau berita terbaru dari teman-teman dan orang-orang yang kamu ikuti. Secara default, kamu akan melihat "News Feed" saat masuk, tetapi pada bar bagian kanan kamu dapat memilih primary feed lainnya seperti :


  • All Friends. Pada feed ini kamu akan melihat status atau berita dari semua teman kamu. Mulai dari update status, check-in, musik yang sedang didengarkan, dan masih banyak lagi yang akan muncul disini. Disini kamu tidak akan melihat berita tentang brand atau selebritis yang kamu ikuti, feed ini dikhususkan pada orang yang benar-benar menjadi teman kamu (setidaknya di facebook).
  • Photos. Tidak ada link dan tidak ada status. Feed ini hanya menampilkan foto dari teman-teman dan halaman yang kamu ikuti. Pada bagian kanan kamu akan melihat sidebar dengan berita tentang profil pictures cover photos baru, dan dibawahnya, Faccebook akan menyarankan kamu untuk menambahkan informasi tambahan mengenai album dan foto yang telah kamu upload.
  • Musik. Melalui aplikasi seperti spotify maupun halaman lain yang kamu suka, Facebook akan memberikan masukan tentang musik yang bisa kamu dengarkan. Pada feed ini akan ditampilkan posting eksklusif dari musik yang sedang teman kamu dengarkan maupun dari artis yang kamu suka. Dan jangan sampai terlewatkan sidebar yang ada dibagian kanan, pada bagian ini akan ditampilkan berbagai informasi terbaru mengenai jadwal konser yang akan datang, lagu-lagu populer dari jaringan kamu dan informasi tentang perilisan album terbaru.
  • Following. Twitter dan Facebook memiliki cara sendiri mengenai hal ini. Dalam feed ini, kamu tidak akan melihat update status dari teman-teman kamu, melainkan feed ini berisi postingan dari orang-orang maupun brand yang kamu ikuti / follow.
Contoh diatas merupakan sebagian dari feed yang ada, kamu dapat melihat lebih banyak feed lainnya jika kamu klik "see all". Kamu bisa menemukan lebih banyak feed berdasarkan daftar yang kamu buat. Kamu dapat menambahkan maupun menghapus feed ini dengan mengedit list atau daftar yang telah kamu buat. 
Jika kamu ingin salah satu feed terseut menjadi tampilan default saat kamu membuka facebook, tampaknya kamu harus sedikit kecewa karena hal tersebit belum bisa dilakukan. Tetapi ada alternatif lain, kamu bisa melakukan bookmark terhadap salah satu feed tersebut. Walaupun cara itu tidak ideal tapi setidaknya hanya itu yang dapat kamu lakukan sampai Facebook memberikan solusi terhadap masalah ini.

(Credit: Screenshot by Sharon Vaknin/CNET)

One topic, many voices
Perubahan feed ini hadir dengan mengeliminasi beberapa "kekacauan" yang merusak tampilan facebook. Salah satu cara yang digunakan adalah meleburkan beberapa posting mengenai cerita / berita yang sama menjadi satu.
Contohnya, jika ada tiga posting dari teman kamu yang menampilkan link yang sama, maka kamu hanya akan melihat satu tampilan saja. Atau jika kamu subscribe halaman seperti Technews, gimana-bisa atau yang lain, kamu akan melihat satu main story saja, dan kamu juga bisa menavigasikannya ke yang lain hanya dengan memilih dari thumbnail yang ada dibagian kirinya.

Friend Management Options
Kemugkkinan besar, feed ini didesain ulang untuk membuat kamu sadar agar "memangkas" teman facebook kamu. Berbeda dengan feed Top News sebelumnya, niche feed seperti All friend dan Photos akan menampilkan posting dari semua teman kamu, jadi tidak hanya dari teman yang kamu sukai saja.
Ada beberapa cara agar posting yang ditampilkan lebih sedikit. Hal ini dapat dilakukan dalam feed apapun yang mencantumkan nama teman kamu. Kemudian arahkan kursor ke tombol "friends". Disini kamu bisa menghapus tanda centang "Shows in News Feed," atau kamu juga bisa langsung Unfriend sekalian.

(Credit: Screenshot by Sharon Vaknin/CNET)

Pilihan lain adalah untuk menyembunyikan posting ertentu, seperti foto yang tidak pantas atau mengganggu yang terus muncul di feed kamu. Caranya adalah dengan mengarahkan kursor ke sudut kanan atas posting apapun, dan pilih hide. Secara teori, seharusnya hal ini akan mencegah posting tersebut ditampilkan di feed lain juga.

New Settings
(Credit: Screenshot by Sharon Vaknin/CNET)


  • Switch to Old Design. Jika dalam beberapa hal kamu merasa bahwa tampilan News Feed baru ini terlalu glitchy, terlalu banyak informasi, atau karena hal lain yang tidak kamu sukai, kamu bisa beralih ke desain lama. Caranya hanya dengan meng-klik panah pada pojok kanan atas dan pilih "Switch to Old Design." Kemungkinan pilihan ini akan terus tersedia selama masa percobaan ini, tapi pada saat sudah dirasa sempurna akan dihilangkan.
  • Privacy Settings. Beberapa bulan lalu, Facebook memperkenalkan pilihan privacy yang lebih sederhana. Opsi ini tidak berubah, tapi mereka tidak lagi diakses bersama pemberitahuan kamu. Sekarang kamu dapat mengakses pengaturan privasi kamu dari sidebar kiri, tepat di samping nama kamu.


Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0