6 Jun 2013

Gimana Cara Berbelanja Online yang Aman

Rock It!
Kamu ingin berbelanja online, tapi begitu banyak pilihan dan dimana kamu harus memulainya? Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membantu Kamu menentukan pilihan dalam berbelanja online secara cerdas.

1. Tetapkan apa yang ingin Kamu beli. Toko online merupakan godaan yang sangat besar jika kita belum memastikan apa yang ingin kita beli. Jadi langkah awal yang harus kamu lakukan adalah tentukan dan pastikan apa yang Kamu perlu beli apakah kategori elektronik, buku atau musik.

cara aman belanja online

2. Carilah di Google, Bing atau search enginne lainnya. Namun dengan Google Kamu dapat melakukan pencarian khusus untuk situs toko online dengan http://www.google.com/prdhp.

cara aman belanja online

3. Periksalah link sponsor. Di sisi kanan dari pencarian google dan pada 3 link pada halaman pencarian utama kamu dapat melihat "link sponsor" 

cara aman belanja online

4. Lihatlah "Trust Seal" nya, dan yang seperti kita ketahui bahwa mereka bervariasi dalam kualitas. Ketika mengklik link dan melihat toko, carilah "trust seal" yang menunjukkan beberapa jenis "bukti" kepercayaan pelanggan terhadap toko online tersebut. Beberapa menyatakan identitas (bahwa itu bukan situs phishing). Lainnya mencari kebijakan situs, atau memverifikasi bahwa situs tersebut bebas dari kerentanan keamanan web tertentu. Atau kamu dapat melihat pada testimoninya dan jika hal tersebut tidak ada mungkin toko online tersebut dapat kamu abaikan.

cara aman belanja online

5. Pastikan bahwa toko online tersebut AMAN. Carilah mini lock di jendela browser (seperti gambar) dan saat mendaftar atau memeriksa, pastikan bahwa toko online menunjukkan "https" di address bar browser. Ini berarti bahwa informasi yang Kamu kirimkan tidak dapat disadap dalam transmisi. Meskipun Kamu tidak harus menyerahkan nomor kartu kredit atau data sensitif lainnya melalui koneksi aman, tidak ada cara untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut tidak akan melakukan hal bodoh atau jahat dengan data pribadi Kamu setelah mereka memilikinya. 
cara aman belanja online
6. Sebelum bertransaksi di website, pastikan ada rincian kontak untuk nomor yang dapat dihubungi dan alamat fisiknya.

cara aman belanja online

7. Check laporan bank Kamu setelah pembelian. Ini akan memastikan bahwa Kamu tidak melakukan pembelian berlebih atau terkena double-charged pada setiap itemnya.

cara aman belanja online

8. Follow up jika item Kamu tidak tiba dalam jangka waktu yang ditentukan. Jika terjadi untuk yang pertama kalinya, Berilah toko online tersebut kesempatan untuk menyelesaikan atau menjelaskan masalah yang terjadi. Jika itu tetap tidak berhasil, segeralah minta chargeback atau minta uang nda dikembalikan.

cara aman belanja online

Itulah beberapa tips bebelanja online dengan aman, dan semoga setelah membaca artikel ini kamu dapat merasa lebih aman dalam beberalnja online.


Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0