28 Jun 2013

Gimana Cara Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Serangga dengan Bahan-bahan Disekitar Kita

Rock It!
Dengan berubahnya cuaca menjadi hangat datanglah serangga, dengan datangnya serangga maka gigitan serangga juga datang, dan dengan datangnya gigitan maka muncullah gatal tak berkesudahan. Oke itu siklus yang menjengkelkan. Mengapa tidak bisa serangga hanya datang dan menggigit, setelah itu selesai tanpa rasa gatal. Sebaliknya, hal itu akan membuat benjolan merah keji dan rasa gatal yang tampaknya akan berlangsung selamanya.

Mengapa Gigitan & Sengatan Serangga membuat gatal?
Sebenarnya serangga nyamuk atau lainnya hanya dapat menggigit atau menusuk kulit kamu, sistem kekebalan tubuh kamulah yang menyebabkan sensasi gatal menjengkelkan itu.


Gigitan menyebabkan tubuh kamu melepaskan histamin (sejenis protein) yang memberitahu tubuh kamu ada sesuatu yang tidak keren terjadi. Tubuh kamu bereaksi dengan mengirimkan sel darah untuk melawan penyusup (sehingga benjolan merah), dan sel-sel darah mulai memperluas multiply, mengiritasi semua saraf di sekitar mereka dan menyebabkan gatal.

Dermatolog Neal B. Schultz mengatakan, "Gatal adalah bentuk tingkat rendah dari rasa sakit. Nyamuk (atau bug) menyuntikkan bahan ke dalam kulit kamu yang menyebabkan peradangan, kemerahan, pembengkakan, nyeri dan panas. Yang kemudian menjadi gatal. Reaksi alami tubuh untuk gigitan adalah untuk melepaskan histamin, suatu senyawa yang Mensinyalkan reaksi alergi, yang menyebabkan gatal-gatal tersebut. "

Apa Yang Dapat Dibeli Di Toko Untuk Menyembuhkan Gatal?
Penjelasan di atas adalah mengapa antihistamin secara konsisten dianjurkan untuk gigitan serangga. kamu bisa mendapatkan antihistamin topikal (seperti krim atau lotion Benadryl, misalnya) di toko obat lokal kamu. kamu juga dapat mencoba hidrokortison krim anti gatal, seperti Cortizone 10 atau Gold Bond.


Kortisol, lebih dikenal sebagai hidrokortison, adalah steroid hormon (bukan Barry Bonds / jenis MLB) yang pada dasarnya merangsang perangkat anti-inflamasi atau anti-iritasi dalam tubuh kamu, membantu meringankan sensasi gatal.

Obat Anti Gatal yang Murah atau Dari Bahan-bahan yang ada di rumah

kamu mungkin sudah tahu tentang semua solusi yang dapat dibeli di toko untuk gatal-gatal, tetapi jika kamu malas pergi ke toko atau mencari sesuatu yang lebih alami, berikut adalah beberapa pengobatan rumah yang sangat membantu menyingkirkan gatal itu.

Home Remedy # 1: Panas
Berbagai metode terapi panas dapat membantu meringankan gatal. Panas menyebabkan histamines "bubar" sekaligus, memberikan kamu kebebasan dari yang namanya gatal. kamu dapat menerapkan panas dengan menggunakan kain hangat, cangkir kopi panas, jalankan air keran hangat selama gatal, mandi air panas atau mandi, atau bahkan pengering rambut.

Kelemahan dari metode panas adalah bahwa itu hanya memperbaiki sementara. Dengan mendispersikan histamines sekaligus, gatal bahkan bisa kembali kuat karena sistem harus mengirim kembali lebih protein ke lokasi gigitan. Setelah beberapa waktu, produksi histamin akan restart, dan gatal akan terus gatal.

Home Remedy # 2: Dingin
Mirip dengan terapi panas, kompres dingin atau dengan sebuah kubus es juga akan menghilangkan gatal dari gigitan. Jika kamu tidak memiliki kompres es, kamu selalu bisa menjadi kreatif dengan memegang segelas air dingin ke daerah tersebut, atau bahkan dengan beberapa es muncul keluar dari freezer.


Penurunan suhu memperlambat produksi sel darah di daerah itu dan juga mematikan saraf, sehingga sensasi gatal hampir segera dihentikan. Dingin sebenarnya lebih baik daripada panas karena daripada menyebarkan protein histamin, ini hanya akan menyebabkan tubuh memproduksi histamin lebih sedikit.

Home Remedy # 3: Baking Soda
Jika kamu memiliki "sejuta" gigitan, berendam baking soda mungkin menjadi pilihan terbaik kamu. Tambahkan sekitar satu cangkir baking soda ke dalam bak air hangat, masuk dan rileks selama 30 menit sampai satu jam. Ketika kamu keluar, pastikan udara kering (kamu pasti tidak ingin menghapus semua soda dengan handuk kamu).

Jika gatal hanya dibagian tertentu atau tidak seluruh tubuh yang perlu direndam, kamu dapat membuat pasta untuk diterapkan ke daerah yang terkena gigitan sebagai gantinya. Campur dua bagian baking soda dengan satu bagian air dan aduk sampai bentuk pasta, lalu oleskan ke gatal.

Home Remedy # 4: Oatmeal
Jika kamu sudah pernah ke spa, kamu mungkin mendapatkan perawatan wajah oatmeal. Umumnya digunakan dalam lotion mahal dan untuk mencuci wajah, oatmeal memiliki banyak manfaat. Meskipun mungkin tidak terlihat sangat menarik, oatmeal sebenarnya merupakan "keajaiban: bagi kulit.


Lemak dalam oatmeal membantu melembabkan kulit sedangkan protein menciptakan sebuah penghalang tipis yang melindungi dari kekuatan-kekuatan luar. Untuk daerah-daerah kecil, oatmeal dapat diterapkan sebagai pasta (setengah oats ditambah setengah air).

Jika kamu membutuhkan pengobatan untuk seluruh tubuh, kamu juga bisa mandi dengan koloid, atau super oatmeal berbutir halus. Hanya dengan menuangkan satu atau dua cangkir ke air mandi hangat dan berendam selama 30 menit. Oatmeal akan merilekskan kulit kamu dan meredakan iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Home Remedy # 5: Lumpur
kamu mungkin pernah mendengar bahwa penerapan lumpur sengatan matahari memberikan bantuan hampir instan dari iritasi. Begitu pula pada gigitan serangga.


Jika kamu keluar berkemah atau jauh dari rumah, kamu dapat menerapkan lapisan tipis lumpur pada gigitan serangga untuk meringankan gatal. Ini produk perawatan kulit alami yang disediakan oleh Alam.

Home Remedy # 6: Madu
Madu dikenal sebagai antibiotik alami dan telah digunakan untuk mengobati luka bakar serta kulit kering dan bibir pecah-pecah. kamu juga dapat menerapkan setetes madu pada gigitan serangga untuk menghilangkan gatal dengan cepat.

Home Remedy # 7: Jeruk
Jeruk merupakan anti-gatal dan anti-bakteri, yang membuat mereka sempurna untuk gigitan serangga. Jika kamu memiliki lemon atau jeruk, kamu bisa memeras cairan atau bahkan menggosok kulitnya tapat pada bekas gigitan.


Home Remedy # 8: Rubbing Alkohol
kamu dapat menggunakan isopropil alkohol, alkohol yang biasa kamu gunakan untuk keperluan rumah tangga. Gunakan kapas biasa atau bola kapas untuk menerapkan alkohol pada gigitan. kamu juga dapat menggunakan tisu beralkohol.

Home Remedy # 9: Cuka
Jika kamu tidak memiliki rubbing alkohol di lemari obat, cuka adalah pengganti yang baik. Cuka apel adalah yang terbaik, tetapi kamu dapat menggunakan apapun yang kamu punya di sekitar kamu.


Sama seperti alkohol, gunakan kapas biasa atau bola kapas untuk menerapkan cuka ke tempat gatal.

Home Remedy # 10: X Marks the Spot
Dengan menggunakan kuku, kamu dappat menekan bentuk X langsung ke bekas gigitan, kamu dapat mendorong histamines jauh dari tempat iritasi. Hal ini dapat mengurangi gatal untuk sementara waktu.

Home Remedy # 11: Tampar atau Cubit Daerah Gigitan
Otak kamu adalah organ yang cukup mengesankan, tetapi masih bisa diakali. Untuk beberapa alasan, pikiran tampaknya hanya "mendaftarkan" satu jenis sakit pada satu waktu, jadi, jika kamu menampar atau mencubit gatal, gatal akan berhenti sebagai hasil karena otak memproses tamparan. Jelas itu tidak akan menyembuhkan secara permanen, tetapi jika kamu tidak memiliki apa pun yang tersedia, hal ini cukup baik untuk bantuan sementara.

Home Remedy # 12: Jangan Digaruk!
kamu pernah mendengar satu juta kali. Tidak peduli seberapa menggoda untuk menggaruk gatal, jangan lakukan itu. Hal ini hanyalah bantuan instan yang benar-benar hanya akan memperburuk gatal dan memperparah gigitan awal.

Home remedies Lainnya
Beberapa hal lain yang dapat kamu lakukan, terutama untuk gigitan nyamuk, adalah membuat anti-gatal pasta aspirin, oleskan pasta gigi peppermint, gosokkan garam meja, gunakan kulit pisang, oleskan beberapa amonia, atau menggunakan minyak campuran lavender dan tea tree. Untuk informasi lebih lanjut tentang tips ini, cekidot ilustrasi panduan dari Yumi untuk meringankan gatal akibat gigitan nyamuk.



Share this post

2 komentar

  1. sis, beli salep benadryl diatas seperti contoh dimana ya ? aku lagi carik obat itu tapi blm dapat juga di apotek"

    BalasHapus

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0