19 Jan 2013

Gimana Membuat Efek Bokeh yang Unik dengan Filter Buatan Sendiri

Rock It!

bokeh

Dalam dunia per-fotografian, bokeh adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bagian dari foto yang blur atau tidak fokus. Bokeh bisa saja menjadi karya yang luar biasa atau bahkan biasa saja, hal ini tergantung dari bagaimana kita menggunakannya. Ada beribu cara untuk membuat efek bokeh, dari cara tradisional seperti menggunakan filter, dengan olah digital seperti photoshop, sampai yang paling simpel dengan menggunakan iPhone.

bokeh

Seperti yang disebutkan diatas salah satu cara menghasilkan bokeh adalah dengan menggunakan filter. Kamu bisa menghasilkan bentuk dan warna yang berbeda dari bagian foto yang blur.

bokeh

Jika kamu adalah pengguna DSLR dan ingin bereksperimen dengan bokeh, tutorial dari Chris Perez ini pasti akan membuat kamu tertarik. Pada tutorial ini kamu bisa membuat sendiri filter bokeh yang murah dan mudah dibuat. Filter ini dapat bekerja maksimal dengan lensa 50mm dan low f-stop.

bokeh

Yang kamu perlukan adalah :
- Kertas karton atau posterboard hitam
- Electrical tape
- Velcro 
- Pisau X-Acto atau cutter
- Gunting

Untuk membuat filter ini, kita mulai dengan membuat bentuk lingkaran dari kertas hitam selebar lensa, kemudian gunakan penggaris untuk membuat beberapa garis lurus dari beberapa sisi sehingga terbentuk perpotongan di tengah kertas. Kemudian buat lubang kurang lebih 2 cm pada perpotongan garis tersebut.
Kemudian potong kertas selebar 5 cm yang digunakan sebagai sisi dari lingkaran yang telah kita buat tadi. Untuk menyatukannya kita gunakan electrical tape yang dilingkarkan disekelilingnya seperti gabar dibawah ini.

bokeh

Karena bokeh yang ingin dihasilkan memiliki bentuk yang berbeda, maka kita dapat memasang velcro didepannya sehingga kita bisa mengganti bentuk filter sesuai keinginan kita. Sebagai contohnya kita buat filter dengan bentuk bintang. Untuk membuatnya cara yang digunakan sama seperti saat membuat lingkaran awal, hanya saja lubang yang tengah yang kita buat tidak bulat melainkan berbentuk bintang. Setelah itu tempelkan velcro juga disisinya.

bokeh

Dibawah ini beberapa contoh foto yang diambil dengan filter ini

bokeh


Share this post

1 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0