13 Nov 2012

Gimana Cara Membuat Balon Udara Dari Trash Bag

Rock It!
Pernah ngeliat balon udara yang pakai gas panas seperti gambar dibawah ini?


Dengan memanfaatkan konsep yang sama sekarang kita bisa membuat balon udara sendiri dengan bahan seadanya dan murah tentunya hehe

Bahan-bahan yang diperlukan adalah
- Trash Bag
- Lilin ulang tahun
- Sedotan
- Selotip
- Benang
- Alumunium Foil

Langkah 1 : Buat Kerangka
Kerangka yang dibuat berguna sebagai penyangga bagian bawah dari balon udara dan juga sebagai tempat meletakkan lilin ulang tahunnya. Untuk membuat kerangkanya, gunakan sedotan plastik dan buat bentuk X seperti gambar dibawah ini. Untuk panjangnya sesuaikan dengan lebar trash bag, jadi jika panjang sedotan masih kurang panjang bisa disambung lagi dengan sedotan lain.


Langkah 2 : Buat Dasarnya
Potong kira-kira 4 inci persegi alumunium foilnya. Ambil lilin dan lelehkan bagian bawahnya agar dapat menempel pada alumunium foilnya.


Rekatkan lilin tersebut diatas alumunium foil. Pada contoh digunakan 4 buah lilin ulang tahun pada keempat sudutnya.


Lakban atau isolasi alumunium foil yang sudah dipasangi lilin pada rangka sedotan yang suudah kita buat tadi. Pastikan posisi lilin tidak berada tepat diatas kerangka karena jangan sampai kerangkanya ikut meleleh pada saat sudah mengudara.

Langkah 3 : Finishing
Pasang Kerangka dan dasar balon udara yang sudah dibuat dengan trash bag. Isolasi setiap sudut kerangka dengan bagian "mulut" trash bag. Jadi sekarang posisi lilin sudah berada di tengah-tengah lubang trash bag. 


Langkah 4 : Pasang benang pengaman
Ikatkan benang pada bagian tengah kerangka balon udara.Benang ini berguna agar balon udara yang kamu buat tidak membakar sesuatu atau agar tidak pergi terlalu jauh dan mungkin membahayakan orang lain.

Langkah 5 : Terbangkan
Setelah semuanya siap, nyalakan lilin dan balon udara kamu siap lepas landas dan menarik perhatian orang-orang disekitar. 


Jika balon udara yang kamu buat tidak dapat terbang seperti punya saya, carilah kantong lain yang lebih ringan atau lebih kecil ukurannya.


Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk membuatnya juga dan menerbangkannya bersama-sama, pasti sangat seru :)


Share this post

5 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0