21 Apr 2013

Gimana Cara Mempercepat Waktu Ngecas (charging) Android

Rock It!

Ngecas (charging) handphone bisa dibilang hal yang memakan banyak waktu. Apalagi buat kamu yang dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa lepas dari perangkat android. Ya walaupun saat ini sudah ada poerbank yang dapat membuat kamu dapat ngecas handphone dimana saja, tetapi pasti ada kalanya kamu tidak dapat menggunkan powerbank karena beberapa alasan. Karena itu kamu disini saya akan memberikan beberapa tips agar kamu dapat mempersingkat waktu ngecas hp kamu.

Menggunakan Mode Airplane
Jelas, kamu akan dapat mengecas lebih cepat jika aplikasi ataui fitur yang berjalan di smartphone kamu lebih sedikit. Jadi intinya adalah mematikan semua hal yang dapat memberatkan kerja smarphone kamu.

Untungnya, sebagian besar smartphone memiliki fitur Airplane Mode, yang dapat menonaktifkan fitur wireless yang ada pada perangkat android kamu dan tentu saja sesuai namanya fitur ini mendukung peraturan pesawat. Fitur yang di non-aktif kan adalah :
  • Selular (Suara dan data)
  • Wi-Fi
  • Bluetooth
  • GPS
  • Location Service

Untuk dapat ngecas ponsel lebih cepat, kamu tinggal menghidupkan Mode Airplane. Fitur ini dapat kamu temui dengan menahan tombol on/off atau jika pada Samsung Galaxy Note 2 dengan men-drag bar notifikasi. Dan pada bar tersebut sudah terdapat fitur ini.



Karena ponsel kamu tidak terhubung ke internet maupun fitur-fitur lain yang memakan banyak batrai, maka proses pengecasan akan lebih cepat dari sebelumnya.

Hanya saja konsekuensinya adalah kamu tidak akan dapat menerima telpon atau sms jika menggunakan mode airplane. Jadi jika kamu sedang menunggu telpon atau sms penting jangan mengecas dengan cara ini.

Jangan Ngecas di Laptop
Jika kamu dapat memilih antara ngecas lewat laptop atau charger biasa, selalu pilihlah charger biasa. Ngecas ponsel lewat laptop akan lebih lambat dibandingkan dengan dengan cas biasa.



Post USB laptop kamu tidak akan mengahantarkan jumlah listrik yang sama dengan cas ke listrik biasa.


Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Jika mode airplane masih belum cukup cepat untukmu, kamu bisa mencoba menurunkan tingkat kecerahan layar. Hal ini akan semakin menurunkan penggunaan daya baterai ponsel kamu dan tentu saja akan mempercepat proses charging.


Selain dapat mempercepat proses charging / ngecas, menurunkan kecerahan layar juga akan membuat baterai ponselmu tahan lebih lama. Jadi buat kamu yang ingin ngecas lebih cepat dapat menggunakan cara ini juga.

Matikan Ponselmu
Lebih cepat lagi jika kamu menonaktifkan ponselmu saat sedang dicas. Karena jika ponselmu mati maka tidak ada daya baterai yang ikut terpakai untuk menjalankan aplikasi atau fitur dari ponsel sehingga akan menjadi lebih cepat saat dicas.



Share this post

1 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0