25 Mei 2013

Gimana Cara Sharing File Ukuran Besar dengan cepat di Nexus 7 atau Android lain

Rock It!
Baru-baru ini, saya ingin berbagi file video yang besar dari Nexus 7 saya ke Samsung Galaxy S3 milik teman saya, dan meskipun ia berdiri tepat di sebelah saya, namun hal ini tetap saja sulit untuk dilakukan dan cukup membuat kesal.


Setiap tablet Nexus 7 dilengkapi NFC, sehingga dapat berbagi file dengan perangkat lain yang juga dilengkapi NFC hanya dengan menekan dan menahan posisi secara bersamaan. Dengan kedua NFC dan Android Beam diaktifkan, berbagi file kecil antara dua perangkat dapat dilakukan, cukup sederhana.

Antar sesama Samsung Galaxy S3 juga dapat dilakukan menggunakan layanan transfer data mereka sendiri yang disebut S Beam. Selain itu sama seperti Nexus 7 dan android lainnya mereka juga memiliki Android Beam sebagai pilihan lain. Sehingga untuk mentransfer file antara kedua perangkat dapat bekerja dengan baik selama keduanya diaktifkan.


Satu-satunya masalah adalah bahwa transfer data aktual yang terjadi dengan Android Beam adalah melalui Bluetooth, yang luar biasa lambat ketika mencoba untuk mentransfer data. Kecepatan transfer dengan Android Beam memiliki kecepatan transfer kurang dari setengah megabyte per detik, sehinggga butuh waktu satu jam-an untuk mengirim file video 2 GB melalui Bluetooth Kamu. Fitur ini sebenarnya memang dikhususkan untuk file kecil seperti halaman web, bookmark, dan foto.



Di atas, Kamu dapat melihat bahwa saya bisa dengan mudah mengirim halaman web dari Nexus 7 ke Galaxy S3 teman saya ketika "diketuk" bersama-sama, tetapi hal ini tidak bekerja terhadap video ukuran besar saya. Ada pilihan lain untuk berbagi file dengan ukuran besar, seperti email dan Dropbox, tetapi mereka juga memakan waktu, dan tampak konyol jika teman yang akan saya kirimi file berada berdiri tepat di sebelah saya.

Untungnya, ada satu pilihan lain lagi yaitu Superbeam yang dibuat oleh pengembang Majed Alhajry. Seperti S Beam, yang hanya bekerja antara perangkat Samsung, Superbeam menggunakan Wi-Fi langsung untuk mentransfer file antara perangkat Android apapun, yang dapat membawa Kamu sampai dengan kecepatan 250Mbps.

Manfaat tambahan Superbeam adalah bahwa jika Kamu tidak memiliki NFC, atau teman Kamu yang tidak punya, Kamu masih dapat terhubung menggunakan kode QR.

Cara menggunakan aplikasi ini

Mendownload dan Menggunakan Superbeam
Pada Kamu Nexus 7 atau perangkat android lain, pertama-tama download Superbeam dari Google Play Store.

Superbeam akan membutuhkan file manager, jadi pastikan kamu sudah memilikinya jika Kamu ingin memiliki aplikasi ini. Rekomendasi saya adalah ASTRO File Manager / Browser. Ini gratis dan mudah digunakan.


Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Superbeam, pastikan untuk mengaktifkan NFC pada kedua perangkat (jika mereka memilikinya). Pada Kamu Nexus 7 dan Galaxy S3, opsi ini terdapat di Settings -> Wireless & Networks -> More Settings.

Sekarang, untuk berbagi file, browse ke file menggunakan ASTRO dan pilih file dengan menekan dan menahan di atasnya. Tekan ikon share (yang satu dengan tiga lingkaran terhubung) untuk memunculkan opsi berbagi.


Tekan Superbeam dan Kamu akan disajikan dengan layar ini.


Jika perangkat lain yang Kamu ingin berbagi file ke pada jaringan Wi-Fi, tekan YES. Memiliki perangkat peluncuran Superbeam lain untuk memindai kode QR untuk berbagi ultra cepat melalui Wi-Fi langsung, atau secara fisik sentuh perangkat bersama-sama jika mereka berdua memiliki NFC.


Mengirim file file disimpan di bawah "/ sdcard / Superbeam" direktori.

Itu saja! Ini tidak bisa lebih mudah.

Dalam pengujian saya, transfer melalui Wi-Fi yang super cepat di N-jaringan nirkabel di rumah, sebuah berkas 2 GB ditransfer dan selesai dalam beberapa menit! Ini semua tentu tergantung pada ukuran file yang akan kamu kirim. Jika Kamu mengirim file kecil (seperti terlihat di bawah), maka akan ditransfer dalam hitungan detik.


Jika Kamu ingin melihatnya caranya lebih jelas, cekidot video di bawah dari dev Majed.







Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0