24 Feb 2013

Gimana Cara Membuat Papan Tulis Interaktif Murah dengan Wiimote

Rock It!
Mungkin beberapa diantara kamu ada yang berprofesi sebagai pengajar atau profesi lain yang pekerjaannya mempresentasikan sesuatu. Dan terkadang mungkin kamu perlu sesuatu yang membuat pengajaran atau presentasi kamu menjadi menarik sehingga orang yang mendengarkan menjadi tertarik terhadap apa yang kamu sampaikan. Salah satu alat yang dapat membantu kamu dalam melakukan hal seperti ini adalah papan tulis interaktif. Papan tulis ini bekerja layaknya layar touch screen ukuran besar. Jadi dengan alat ini orang-orang pasti akan memperhatikan apa yang kamu sampaikan. 









Tapi sayangnya jika membeli alat ini kamu akan menguras kantong kamu cukup dalam. 

Berterimakasihlah kepada Johny Lee karena telah menciptakan alternatif papan tulis interaktif ini yang tentunya jauh lebih murah. Johny lee membuat papan interaktifnya dengan memanfaatkan wiimote dan infrared light pen. 
Secara garis besar cara kerja dari alat ini adalah karena wiimote peka terhadap cahaya inframerah, maka dengan memanfaatkan hal itu infrared light pen difungsikan sebagai mouse jarak jauh yang bekerja layaknya stylus pada layar touch screen. 

Apa yang kita perlukan
  • LED Pen
  • Wiimote (Reemote Nintendo Wii)
  • Komputer dengan Bluetooth
  • Proyektor

Cara Membuat
Langkah 1 : Siapkan Infrared Light Pen


Infrared light pen ini sendiri belum banyak yang menjualnya di Indonesia, oleh karena itu mungkin kita harus membuatnya sendiri. Untuk membuatnya cukup mudah, kamu bisa mengikuti skema berikut ini.


atau agar lebih jelas kamu bisa lihat video dibawah ini



Langkah 2 : Atur Letak Wiimote

Kamu bisa meletakkan wiimote dimana saja asalkan masih dalam kisaran sudut 45 derajat dari tengah papan tulis. kamu bisa membuat stand wiimote seperti ini


meletakkannya disini


atau didekat proyektor


Langkah 3 : Aktifkan Bluetooth dan Install Softwarenya

Untuk menjalankannya kita memerlukan koneksi bluetooth antara wiimote dan komputer. Setelah terhubung kamu bisa mendownload softwarenya disini dan menginstallnya.

Langkah 4 : Kalibrasi Alatnya dan Mainkan


Agar akurat dalam memberikan perintah, penggunaan alat ini harus dikalibrasi terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya bisa kamu liat di video berikut.




SUMBER

Lihat Artikel Lain :
Gimana cara meletakkan Korek menyala didalam mulut anda
Gimana Bisa setets air pada iPhone digunakan untuk megambil foto closeup Extreme
Gimana Cara Mendapatkan Font Yang Menarik
Cara Menghentikan Cegukan atau Singultus
Gimana cara membuat ayunan dari ban bekas
Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0