19 Mei 2013

Gimana Sejarah dan Cara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei.

Rock It!

hari kebangkitan nasional
Jika kita kembali pada sejarah, kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selama masa penjajahan semangat kebangkitan nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo pada awalnya bukan organisasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Namun seiring waktu Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia.

hari kebangkitan nasional

Karena dianggap sebagai organisasi yang menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya sebagaimana disebutkan di atas, maka tanggal kelahiran Boedi Oetomo yaitu 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Berbekal sejarah tersebut, sekaranglah saatnya kita sebagai "anggota keluarga" Indonesia bersatu dan beberanah untuk kembali membangun negara yang selama beberapa tahun terakhir ini terus-menerus diberikan musibah dan cobaan, serta sering terjadinya kasus kriminal yang dilakukan mulai dari masyarakat ekonomi lemah sampai para pejabat yang "menggerogoti" aset dan kekayaan negara Indonesia. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memperingati hari Kebangkitan Nasional tahun ini dengan  memperbaiki atau mengintrospeksi diri masing-masing. Jika hal itu terlaksana maka kita akan dapat memperbaiki moral masing-masing diri kita dan jika masing-masing orang telah menyadari hal ini maka moral masyarakat Indonesia secara keseluruhan juga akan membaik, sehingga harapan kita, dengan moral masyarakat yang baik, maka negara kita yang tercinta ini akan menjadi baik pula.

Hal penting lain yang harus diperbaiki dan tidak kalah penting dari masalah moral adalah masalah pendidikan yang hingga saat ini belum merata secara baik. Dengan momen hari Kebangkitan Nasional ini, mari sama-sama kita memberikan andil dan solusi terbaik untuk membangun pendidikan Indonesia yang baik dan berkualitas. Karena dengan meratanya pendidikan yang baik dan layak bagi seluruh warga negara Indonesia maka diharapkan para calon pemimpin di masa yang akan datang memiliki moral, mental dan rasa cinta kepada tanah air Indonesia ini dan akan terus memperjuangkannya hingga Indonesia tidak lagi dianggap sebelah mata oleh negara lain..


Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0