1 Jun 2013

Gimana Cara Meredakan Keram / Kram Kaki

Rock It!
Kram kaki, atau kadang disebut "Charley Horse," adalah penyakit yang umum terjadi, terutama bagi orang-orang yang terlibat dalam olahraga, wanita hamil dan orang tua. Kontraksi tiba-tiba, biasanya terjadi pada  otot-otot betis, menyebabkan nyeri tajam yang dapat berlangsung dari beberapa detik sampai 10 menit. Walaupun kram kaki dapat dicegah, tapi jika sudah terjadi Kamu dapat meredakan kram kaki yang akut dengan gerakan cepat dan pijat. Artikel ini akan memberitahu Kamu bagaimana mengatasi kram kaki.


Pertolongan pada Kaki Kram

1. Tekuk jari-jari kaki Kamu ke atas segera setelah Kamu mengalami kram kaki. Posisi berbaring normal dengan lutut sedikit ditekuk dan jari-jari kaki menunjuk ke bawah akan memperpendek otot betis, sehingga membuat mereka rentan terhadap kontraksi.


2. Bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan, jika Kamu mampu. Ekspansi ini dan kontraksi dari otot-otot dapat memijat otot betis dan meningkatkan peredaran darah ke otot-otot. Sirkulasi yang buruk menyangkal oksigen ke otot, yang dapat menyebabkan kram.

3. Stretch otot Kamu dengan latihan-latihan berikut, sambil berdiri di dekat dinding untuk menjaga keseimbangan:
Tempatkan kaki Kamu yang kram dibelakang kaki Kamu tidak kram, dengan jarak sekitar satu kaki di antara mereka. Tekuk lutut di kaki depan Kamu, yaitu kaki yang tidak kram. Hal ini akan menyebabkan betis yang kram meregang ke depan.


Berdiri dengan kaki selebar pinggul Kamu terpisah sekitar 2 sampai 3 kaki (60 sampai 90 cm) dari dinding.  Pastikan kaki Kamu lurus dan menapak kuat di lantai. Tempatkan tangan selebar bahu di dinding. Tekuk siku dan sandarkan ke depan (di dinding). Kedua betis akan meregang. Jika kram lebih parah, kamu dapat melangkah lebih dekat ke dinding, atau Kamu dapat melangkah lebih jauh untuk peregangan yang lebih kuat.


4. Duduk dengan kaki Kram menyilang paha Kamu yang lain dan pijat otot dengan pelan.


5 Tempelkan handuk hangat ke daerah kram jika kram terus berlanjut. Kompres hangat ini akan membantu meningkatkan peredaran darah ke otot.


6 Mandi air hangat, jika keram masih ada setelah 5 menit atau lebih. Hal ini akan memungkinkan fleksi otot dan panas untuk kaskade otot atas.



7 Minum 8 sampai 16 oz. (1/4 sampai 1/2 L) air segera setelah kram. Dehidrasi adalah 1 penyebab utama kram kaki, pada atlet maupun yang bukan.



Lihat Artikel Lain :
Gimana cara mengambil screenshot pada berbagai smartphone
Cara Menghentikan Cegukan atau Singultus
Gimana cara membuat ayunan dari ban bekas
Gimana Meng-Attach File dengan Ukuran 100 MB dengan Gmail 
Gimana membuat USB Version windows 8 portabel yang fungsional 
Share this post

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSS Comments RSS
© 2011 Gimana Bisa? ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0